WORKSHOP DAN MOTIVASI MENULIS oleh KRISTAL PGSD UPP TEGAL

by 17.05 0 komentar
Workshop dan motivasi menulis oleh mbak imada cahya septianingsih ini mengusung tema “let’s writing and we can change the world” , workshop kali ini juga mendatangkan mapres atau mahasiswa berprestasi dari PGSD TEGAL sendiri yakni mbak ulfiana ayu kusumawati dan mbak dini anggun puspita. Acara yang mengagumkan ini dipersembahkan oleh komunitas karya ilmiah PGSD UPP TEGAL Universitas Negeri Semarang.
Acara ini di bawakan oleh MC yang cantik dan ganteng, dengan mengajak peserta untuk menggelorakan jargon WMM 2015 “gores pena , ubah dunia “ acara ini semakin menarik. Diawali dengan pembacaan do’a dari kakak senior kemudian sambutan dari ibu Mur selaku pembina KRISTAL sendiri. Saya sebagai peserta semakin bertanya-tanya sebenarnya acara ini untuk apa sih ? , ternyata acara ini sangat menyenangkan sekali dimana kita di berikan motivasi untuk menulis dan kiat-kiat khusus bagaimana sih untuk menjadi mahasiswa berprestasi. Dengan memunculkan curiculum vitae dari mbak dini anggun puspita serta rekanya mbak ulfiana ayu kusumawati, saya semakin kagum dengan mereka pasalnya mereka sangat luar biasa, prestasi yang didapatkan lebih dari kata “WOW” , dari mulai lolos PKM dan di danai dikti , masuk PIMNAS, menjadi Ambassador dan sebagainya. Saya sebagai peserta sama sekali tidak menyangka mereka adalah dari PGSD TEGAL. Mereka telah menggugah hati saya untuk lebih banyak menulis , karena dengan menulis kita bisa merubah dunia kata mereka.
Hal yang penting yang perlu digaris bawahi dari apa yang disampaikan oleh mbak ulfiana ayu yaitu tentang kriteria apa sih yang perlu kita punyai untuk menjadi seorang mapres ? , disini mbak ulfiana menyebutkan bahwa untuk menjadi seorang mahasiswa berprestasi tentunya memiliki IPK yang bagus yakni diatas 3,00 . yang kedua adalah menulis karya ilmiah kemudian ada juga presentasi dalam bahasa inggris, prestasi akademik dan keikutsertaan dalam berorganisasi. IPK disini berpengaruh sebesar 20% kemudian karya ilmiah sebesar 30% , prestasi akademik sebesar 25%, organisasi sebanyak 25%. Dengan semua itu kita bisa menjadi mahasiswa berprestasi. Disini pula mbak Ulfiana ayu juga mengungkapkan pengalamanya menjadi seorang mapres yakni bertemu dengan mapres-mapres di jurusan lain, bertemu dengan mahasiswa dari lombok dan sebagainya. Mbak ulfiana juga menyampaikan bahwa sebagai seorang mahasiswa berprestasi ,dia harus punya sebuah rasa percaya diri yang tinggi. Contohnya pada saat dia presentasi bahasa inggris dan terjadi sebuah insiden listrik mati dua kali , dia tetap konsisten dan bisa melanjutkan presentasi tersebut dengan apik. Kuncinya adalah dengan rasa percaya diri itu sendiri , anggap diri kita lebih tahu dari audience , ya karena pada kenyataanya kitalah yang lebih tahu , bukan mereka , ujarnya.
Kemudian kiat-kiat khusus yang disampaikan oleh mbak dini anggun puspita untuk menjadi seorang mahasiswa berprestasi adalah yang pertama jangan remehkan kekuatan mimpi , tempelkan mimpi itu ditempat yang biasa kita lihat karena dengan mimpi kita kita akan berusaha untuk menggapai mimpi itu menjadi kenyataan. Kata-kata dari mbak dini yang semakin mengetuk hati saya adalah “kalau kita tidak mencoba, kita tidak akan melihat hasilnya... Tulis Mimpi ,Percaya Dan Wujudkankata-kata itu benar-benar masuk kedalam otak dan hati saya , bagaimana caranya agar saya bisa bermimpi , dan bisa mewujudkan mimpi-mimpi itu. Yang kedua adalah Berdo’a , dengan berdo’a kita akan bisa menggapai mimpi-mimpi itu, jangan menunda sholat karena ada pepatah “ ketika engkau menunda untuk sholat wajib, maka mereka sudah menggiatkan sholat sunnah “ kata-kata yang dilontarkan oleh mbak dini ini semakin menggeliatkan hati saya untuk istiqomah dalam sholat lima waktu ,dan semakin ingin menyempurnakan sholat sunnah terutama sholat tahajud saya, insyaallah.. , dan yang ketiga adalah ridho dari kedua orang tua, tanpa ridho dari kedua orang tua kita tidak ada apa-apanya. Kata-kata lain yang luar biasa menancap dihati saya adalah “ Habiskan Jatah Gagal Kalian, Hingga Akhirnya Kalian Sukses”. Meskipun tidak ada dalam impian saya untuk menjadi seorang mahasiswa berprestasi , tetapi saya akan terus berusaha dengan semua kelemahan saya ini hingga akhirnya saya akan menemukan bahwa saya benar-benar berada pada ujung kesuksesan itu Insyaallah..
Hingga akhirnya sampailah pada acara inti yaitu Workshop menulis serta hipnoterapi oleh mbak imada cahya septianingsih, kata-kata pertama yang saya garis bawahi adalah “Tetaplah Mencoba Yang Terbaik , Karena Setiap Hembusan Nafasmu Akan Dipertanggungjawabkan” , mbak imada ini juga menyampaikan kontrak pagi itu dengan “SEMANGAT,SENYUM,FOKUS” , yang saya tidak percaya adalah mbak imada berasal dari tegal , SMA 1 bojong , yang itu membuat saya semakin interested sekali dengan dia. sebagai seorang mahasiswa kita harus memiliki mimpi , “Jangan Biarkan Mimpi-Mimpimu Itu Berterbangan Di Awan Tetapi Tulislah Mimpi-Mimpi Besarmu Itu Dalam Secarik Kertas”. Beliau bertanya apa susahnya menulis? Belum punya ide, bingung mau nulis apa dan sebagainya. Mbak imada juga mengajak peserta untuk menuliskan mimpi-mimpinya pada secarik kertas yang diberikan oleh panitia. Didalam kertas itu yang salah satu saya tuliskan adalah “ lebih dekat dengan allah , membahagiakan ibu bapak ,kemudian ada juga impian saya untuk lolos PKM “ yang saya impikan adalah bagaimana saya bisa lebih dekat dengan allah, pencipta saya , tempat keluh kesah saya, membahagiakan kedua orang tua saya dan yang ketiga itu adalah sebuah impian yang entah menjadi realita atau tidak , toh tidak ada yang melarang untuk bermimpi bukan ? hhe J
Selanjutnya mbak imada menyampaikan bahwa untuk bisa menulis kita harus sering membaca buku , karena dengan mambaca buku maka akan muncul IDEA, PLAN kemudian ACTION. Setelah menemukan ide itu akan dibentuk sebuah rencana, dan pada akhirnya diwujudkan didalam realita. Yang kedua adalah berorganisasi, salah satu hal terpenting dalam menemukan ide yaitu dari berorganisasi , dengan berorganisasi maka akan tercipta sebuah gagasan dan inovasi. Sebuah hal penting yang disampakan adalah “Inovasi Tercipta Karena 99% Usaha Keras Dan 1% Bakat” kata-kata ini dipetik dari Thomas Alfa Edison.
Allah memberikan kekurangan kepada manusia tergantung bagaimana kita menanggapinya dengan usaha keras , dan bersyukur dengan apa yang kita punyai. Sebuah hal yang sangat besar yang kita punyai adalah kedua orang tua . Karena mereka adalah lem atau perekat mimpi-mimpi kita.
Kegiatan yang terahir adalah Hipnoterapy, seperti hipnoterapy pada umumnya yang menggugah mindset kita untuk bisa melakukan lebih , kita luar biasa dan kita bisa melakukan apa yang selama ini kita impikan !!. karena pada hakikatnya masalah adalah bumbu kehidupan. Oke ...  Change Your Mind , Get Your Dream...
Insyaallah ........
                                                                    By : Khoerotul Maulidah


Unknown

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com tipscantiknya.com kumpulanrumusnya.comnya.com